Jumat, 20 Desember 2013

LANGKAH PENYIAPAN MEDIA


Langkah yang harus diperhatikan dalam menyiapkan dan penggunaan media pada setiap kegiatan belajar mengajar adalah bahwa media digunakan dan diarahkan ntuk mempermudah siswa belajar dalam upaya memahami materi pelajaran. Dengan demikan, penggunaan media harus dipandang dari sudut kebutuhan siswa. Hal ini perlu ditekankan sebab sering media dipersiapkan hanya dilihat dari sudut kepentingan guru atau hanya dijadikan sebagai media hiburan saja.
            Kegiatan pemilihan media pembelajaran merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari keseluruhan proses penggunaan media pembelajaran, karena apabila keliru dalam pembelajarannya, maka keberhasilan proses berikutnya juga akan terpengaruh. Memilih media harus dikaitkan dengan tujuan,strategi atau evaluasi belajar mengajar yag akan digunakan. Media pembelajaran sangat beragam, dari yang sederhana sampai yang kompleks namun hendaknya harus disesuaikan dengan materi pengajaran, situasi, dan kondisi karena setiap media pembelajaran memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing.
            Agar media pembelajaran benar-benar digunakan untuk membelajarkan siswa, maka ada sejumlah prinsip yang harus diperhatikan, diantaranya:
1.      Media yang akan digunakan oleh guru harus sesuai dengan dan diarahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Media digunakan sebagai alat hiburan, atau semata-mata dimanfaatkan untuk mempermudah guru menyampaikan materi, akan tetapi benar-benar  untuk membantu siswa belajar sesuai dengan tujuan yang diinginkan tercapai.
2.      Media yang akan digunakan harus sesuai dengan materi pembelajaran.
3.      Media pembelajaran harus sesuai dengan minat, kebutuhan, dan kondisi siswa, karena setiap siswa memiliki kemampuan dan gaya yang berbeda maka guru perlu memperhatikan kemampuan dan gaya tersebut.
4.      Media yang akan digunakan harus memerhatikan efektivitas dan efisien.
5.      Media yang digunakan  harus sesuai dengan kemampuan guru dalam mengoperasikannya. Media secanggih apa pun tidak akan bisa menolong tanpa kemampuan teknis mengoperasikannya. Oleh karena itulah sebaiknya guru mempelajarinya dahulu bagaimana mengoperasikan dan memanfaatkan media yang akan digunakan.
6.      Tersedianya alat yang dibutuhkan, tidak memaksakan situasi dan kondisi.

Di samping memanfaatkan atau memilih media yang ada , guru juga hendaknya memili keterampilan dalam membuat media pembelajaran. Keterampilan membuat berarti juga terampil dan menguasai teknik dan proses pembuatan suatu media pembelajaran yang berrguna untuk suatu pelajaran tertentu.
Alat-alat yang dibuat harus memenuhi syarat sebagai berikut:
1.      Rasional
2.      Ilmiah
3.      Ekonomis
4.      Praktis
5.      Fungsional
Media pembelajaran memiliki karakteristik tertentu, baik dari segi keampuan, cara penggunaannya,dan jangkauannya. Sehubungan dengan hal tersebut memahami dan memilih karakteristik media pembelajaran merupaka keampa dasar yang harus dimiliki oleh guru dalam kaitannya dengan keterampilan pemilihan media pembelajaran. Kekeliruan dalam memilih media pembelajaran tersebut akan berakibat tidak efektifnya kegiatan pembelajaran yang diharapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar