Langkah yang harus diperhatikan
dalam menyiapkan dan penggunaan media pada setiap kegiatan belajar mengajar
adalah bahwa media digunakan dan diarahkan ntuk mempermudah siswa belajar dalam
upaya memahami materi pelajaran. Dengan demikan, penggunaan media harus
dipandang dari sudut kebutuhan siswa. Hal ini perlu ditekankan sebab sering
media dipersiapkan hanya dilihat dari sudut kepentingan guru atau hanya
dijadikan sebagai media hiburan saja.
Kegiatan pemilihan media
pembelajaran merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari keseluruhan
proses penggunaan media pembelajaran, karena apabila keliru dalam
pembelajarannya, maka keberhasilan proses berikutnya juga akan terpengaruh.
Memilih media harus dikaitkan dengan tujuan,strategi atau evaluasi belajar
mengajar yag akan digunakan. Media pembelajaran sangat beragam, dari yang
sederhana sampai yang kompleks namun hendaknya harus disesuaikan dengan materi
pengajaran, situasi, dan kondisi karena setiap media pembelajaran memiliki kelebihan
dan kelemahan masing-masing.
Agar media pembelajaran benar-benar
digunakan untuk membelajarkan siswa, maka ada sejumlah prinsip yang harus
diperhatikan, diantaranya:
1.
Media yang akan digunakan oleh guru harus sesuai dengan dan
diarahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Media digunakan sebagai alat
hiburan, atau semata-mata dimanfaatkan untuk mempermudah guru menyampaikan
materi, akan tetapi benar-benar untuk
membantu siswa belajar sesuai dengan tujuan yang diinginkan tercapai.
2.
Media yang akan digunakan harus sesuai dengan materi pembelajaran.
3.
Media pembelajaran harus sesuai dengan minat, kebutuhan, dan
kondisi siswa, karena setiap siswa memiliki kemampuan dan gaya yang berbeda
maka guru perlu memperhatikan kemampuan dan gaya tersebut.
4.
Media yang akan digunakan harus memerhatikan efektivitas dan
efisien.
5.
Media yang digunakan harus
sesuai dengan kemampuan guru dalam mengoperasikannya. Media secanggih apa pun
tidak akan bisa menolong tanpa kemampuan teknis mengoperasikannya. Oleh karena
itulah sebaiknya guru mempelajarinya dahulu bagaimana mengoperasikan dan
memanfaatkan media yang akan digunakan.
6.
Tersedianya alat yang dibutuhkan, tidak memaksakan situasi dan
kondisi.
Di
samping memanfaatkan atau memilih media yang ada , guru juga hendaknya memili keterampilan
dalam membuat media pembelajaran. Keterampilan membuat berarti juga terampil
dan menguasai teknik dan proses pembuatan suatu media pembelajaran yang
berrguna untuk suatu pelajaran tertentu.
Alat-alat
yang dibuat harus memenuhi syarat sebagai berikut:
1.
Rasional
2.
Ilmiah
3.
Ekonomis
4.
Praktis
5.
Fungsional
Media pembelajaran memiliki karakteristik tertentu, baik dari segi
keampuan, cara penggunaannya,dan jangkauannya. Sehubungan dengan hal tersebut
memahami dan memilih karakteristik media pembelajaran merupaka keampa dasar
yang harus dimiliki oleh guru dalam kaitannya dengan keterampilan pemilihan
media pembelajaran. Kekeliruan dalam memilih media pembelajaran tersebut akan
berakibat tidak efektifnya kegiatan pembelajaran yang diharapkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar