Senin, 28 Oktober 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                             : MINU Waru II Sidoarjo
Mata Pelajaran                : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester                : I / 1
Alokasi Waktu                 : 2x35 menit
Standar Kompetensi
1.            Mengenal rukun iman, syhadat tauhid dan syahadat rasul, Al-Asma Al-Husna (Al Ahad dan Al Kholiq)

A.          Komepetensi Dasar
1.1 Menghafal enam Rukun Iman

B.           Indikator
1.1.1        Mengenal arti iman
1.1.2        Memberi contoh ciri-ciri orang beriman
1.1.3        Menyebutkan 6 macam rukun iman

C.          Tujuan pembelajaran
1        Siswa dapat menjelaskan pengertian iman
2        Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri orang beriman dengan benar
3        Siswa dapat menyebutkan 6 macam rukun iman secara berurutan dengan benar dan tepat
4        Siswa dapat menghafal 6 rukun iman
5        Siswa dapat menyatakan perasaan berimannya melalui tanya jawab oleh guru
                   
D.          Materi Pembelajaran
§  Enam rukun iman
§  Arti rukun iman

E.           Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Metode Drill
§  Tanya jawab tentang Rukun Iman yang siswa ketahui
§  bernyanyi

F.           Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 1
Alokasi
waktu
Kegitan pembelajaran
Metode
Media

10 menit
Kegiatan awal :
1        Guru mengucapkan salam, berdoa bersama, kemudian mengabsen siswa
2        Guru memberi ice breaking (permainan untuk melatih konsentrasi)
3        Guru menjelaskan secara singkat tentang materi yang akan diajarkan dan menyampaikan tujuan pembelajaran
4        Guru memotivasi dan mengajak siswa untuk aktif dalam pembelajaran

Ceramah






Ceramah




Guru sebagai peraga
50 menit
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Untuk menggali  pemahaman siswa guru mengajukan pertanyaan sesuai dengan materi yang akan di bahas
Elaborasi
1.      Guru memberikan pengertian arti iman
2.      Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang rukun iman
3.      Siswa diberi kesempatan untuk bertanya.
4.      Siswa dikenalkan 6 macam rukun iman yakni dari 1 sampai 6 dengan mencatatkan di papan tulis oleh guru
5.      siswa menyebutkan rukun iman satu persatu dengan bimbingan yang  diucapkan guru secara berulang-ulang
6.      siswa menyebutkan rukun iman satu persatu secara kompak sesuai barisan bangku
7.      siswa menyebutkan rukun iman sesuai tempat duduknya dengan bimbingan guru
8.      Guru menegaskan  dan membenarkan pernyataan yang telah dipaparkan siswa

Konfirmasi
Guru memberikan umpan balik dari urutan pelafalan siswa dalam menyebutkan 6 rukun iman dan memberikan apresiasi terhadap keberhasilan siswa
Guru memotivasi siswa yang belum berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran
Tanya jawab


(brain stroming)




ceramah





Metode Drill






















Ceramah












Papan tulis dan spidol
10 menit
Kegiatan Akhir
1        Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran
2        Guru merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan
3        Guru memberikan PR kepada siswa untuk menulis rukun iman
4        Guru mengakhiri pelajaran dengan berdoa bersama kemudian guru meninggalkan kelas




Ceramah


Pertemuan 2
Alokasi
waktu
Kegitan pembelajaran
Metode
Media

10 menit
Kegiatan awal :
1        Guru mengucapkan salam, berdoa bersama, kemudian mengabsen siswa
2        Guru menjelaskan secara singkat tentang materi yang akan diajarkan dan menyampaikan tujuan pembelajaran
3        Guru memotivasi dan mengajak siswa untuk aktif dalam pembelajaran

Ceramah






ceramah





50 menit
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Untuk mengingat pemahaman siswa pada minggu lalu guru mengajukan pertanyaan sesuai materi
Elaborasi
1        Guru mengenalkan ciri-ciri orang beriman yakni harus iman pada 6 rukun iman
2        Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang rukun iman
3        Siswa dan guru melakukan tanya jawab mengenai contoh dari sikap atau perbuatan dari 6 rukun iman
4        Siswa diberi kesempatan untuk mengulang menyebutkan 6 rukun iman dengan menyimak guru terlebih dahulu sampai beberapa kali.
5        Siswa meghafalkan rukun iman baris demi baris
6        Siswa menghafalkan rukun iman baris demi baris secara kelompok
7        Siswa menghafalkan rukun iman baris demi baris secara individu
8        Guru membenarkan pernyataan yang telah dipaparkan siswa
9        Siswa mengerjakan tugas lembar kegiatan yang diberikan oleh guru

Konfirmasi
Guru memotivasi siswa yang belum berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran








ceramah





Metode Drill















Ceramah








Papan tulis
spidol

















lembar kegiatan siswa

10 menit

Kegiatan Akhir
1        Guru bersama siswa menyebutkan rukun iman  secara menyeluruh dengan baik
2        Guru mengakhiri pelajaran dengan berdoa bersama kemudian guru meninggalkan kelas




Ceramah


G.          Sumber belajar
1        Buku paket Aqidah Akhlak MI kelas 1
2        Pengalaman guru
3        Lembar kegiatan siswa

H.          Penilaian
Indikator pencapaian target
Penilaian
Teknik
Bentuk instrument
Contoh instrumen
1.Mengenal arti iman


Tes


Tes tulis

Iman artinya ...
a.sabar      b.tabah              
c.percaya
2.  Menjelaskan tentang rukun iman yakni ciri-ciri orang beriman

Tes
Tulis
saya beriman kepada kitab-kitab Allah maka sya harus...........
saya meniri rasul Allah SWT. Saya selalu.....
a. Sabar b. Takut c. Jahat
3.Menyebutkan 6 macam rukun iman

tes
Tes tulis
Sebutkan rukun iman secara urut ?!
4.menghafal 6 rukun iman

perfomance
Lisan
individu
kelompok


Format kriteria penilaian
1.      Produk (hasil diskusi dan hasil tes tulis)
No
Aspek
Kriteria
skor
1.
Konsep
ü  Semua benar
ü  Sebagian besar benar
ü  Sebagian kecil benar
ü  Semua salah
4
3
2
1
2.
Pengungkapan /presentasi
ü  Lancar dan benar
ü  Tidak lancar, benar
ü  Lancar, tidak benar
ü  Tidak lancar, tidak benar
4
3
2
1

2.      Performansi
No
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Kerjasama
ü  Bekerjasama
ü  Kadang-kadang kerjasama
ü  Tidak bekerjasama
4
2
1
2.
Partisipasi
ü  Aktif berpartisipasi
ü  Kadang-kadang aktif
ü  Tidak aktif
4
2
1

3.      Lembar penilaian
No
Nama siswa
performansi
Aspek
Jumlah skor
Kerjasama
partisipasi
Aspek
pengungkapan
1.






2.






3.






4.






5.






dst







Mengetahui
Kepala Madrasah




Dra. Hj. Zawida Abdullah
...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru bidang studi Aqidah Akhlaq



Nur Faiqoh
..........................................
NIM.(D07210022)


Nama :

lembar kegiatan 1 !!!

uji kompetensi
A.berilah tanda silang (x ) pada jawaban yang benar
1      Rukun iman ada..............
a.    Empat
b.    Lima
c.    Enam
2     Orang yang beriman disebut..............
a.    mukmin
b.    orang jahat
c.    islam
3     rukun iman yang ke 2 adalah….
a.    Iman kepada kitab-kitab Allah
b.    Iman kepada Malaikat-malaikat Allah
c.    Iman kepda Allah
4     Kitab suci umat Islam adalah...
a.    Taurat
b.    Injil
c.    Al quran
5     Hari hancurnya alam semesta serta isinya disebut hari...........
a.    kiamat
b.    tamat
c.    penghitungan
6     rasul terakhir adalah nabi………….
a.    isa a.s.
b.    Muhammad saw
c.    Musa a.s  
7     Malikat yang wajib diketahui berjumlah..........malaikat
a.    10 b. 7 c. 25
8     Malaikat yang bertugas menyampaikan wahyu adalah............
a.    mikail
b.    munkar
c.    jibril
9     membaca al quran mendapat....
a.    ancaman b. Pahala c. untung
10   iman artinya…………..
a.    percaya
b.    sabar
c.    suci

11    yang termasuk contoh takdir dari allah adalah……………..
a.    sakit
b.    mencuri
c.    berbohong
12   manusia yang dipilih allah untuk mengajarkan agama allah kepada manusia adalah……………
a.    kyai
b.    guru
c.    rosul
13   rukun iman artinya pokok-pokok ……………….
a.    Keimanan
b.    Kesabaran
c.    keislaman
14   kitab injil diberikan kepada nabi……
a.    isa a.s.
b.    musa
c.    daud
15   iman kepada qodo’ dan qodar Allah adalah rukun iman ke......
a.    5
b.    3
c.    6
                                                                                       
B. isilah titik-titik dibawah ini dengan benar
1.     Rukun artinya……………
2.    Apa tugas malaikat malik ………..
3.    Rasul pertama adalah……………
4.    Qodo dan qodar Allah disebut…………….
5.    Orang yang beramal baik akan masuk ………………
6.    Sebutkan 6 rukun iman, yaitu :
1)    Iman kepada…………………..
2)   Iman kepada…………………..
3)   Iman kepada……………………
4)   Iman kepada…………………….
5)   Iman kepada…………………..
6)   Iman kepada…………………….



                                                                                               

SELAMAT MENGERJAKAN !!!



 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

MI                                     : MINU Waru II Sidoarjo
Mata Pelajaran                : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester                : I / 1
Alokasi Waktu                 : 2x35 menit
Standar Kompetensi
1        Mengenal rukun iman, syhadat tauhid dan syahadat rasul, Al-Asma Al-Husna (Al Ahad dan Al Kholiq)

A.    Komepetensi Dasar
1.2   Menghafal dua kalimat syahadat.

B.     Indikator
1.2.1        Mengetahui definisi syahadat
1.2.2        Membacakan syahadat tauhid
1.2.3        Membacakan syahadat rosul
1.2.4        Melafalkan dua kalimat syahadat

C.    Tujuan
1        Siswa dapat mendefinisikan syahadatain melalui: kerja berpasangan
2        Siswa dapat menyebutkans jenis syahadat
3        Siswa dapat melafalkan syahadat Tauhid dan syahadat Rosul melalui: contoh lafal yang diucapakan guru.

D.    Materi Pembelajaran
§  Definisi syahadatain
§  Jenis syahadat Syahadatain

E.     Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Tanya jawab tentang Rukun Iman yang siswa ketahui
§  Diskusi

F.     Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 1
Alokasi
waktu
Kegitan pembelajaran
Metode
Media

10 menit
Kegiatan awal :
Guru mengucapkan salam, berdoa bersama, kemudian mengabsen siswa
Guru menjelaskan secara singkat tentang materi yang akan diajarkan dan menyampaikan tujuan pembelajaran
Guru memotivasi dan mengajak siswa untuk aktif dalam pembelajaran

ceramah






ceramah




Guru sebagai peraga
50 menit
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Untuk menggali  pemahaman siswa guru mengajukan pertanyaan sesuai dengan materi yang akan di bahas
Elaborasi
1        Guru memberi pertanyaan apa syahadat itu ??
2        Siswa mendengarkan penjelasan guru
 tentang pengertian syahadat.
3        Siswa dikenalkan dua kalimat syahadat dengan dicatatkan di papan tulis oleh guru
4        siswa menyimak pelafalan syahadat dari guru
5        siswa melafalkan bacaan dua kalimat syahadat dengan bimbingan yang  diucapkan guru secara berulang-ulang
6        siswa melafalkan bacaan syahadat tauhid
7        siswa melafalkan bacaan syahadat rosul
8        siswa diminta guru untuk mencatat materi
9        Guru membimbing para siswa
Konfirmasi
Guru memberikan apresiasi terhadap keberhasilan siswa
Guru memotivasi siswa yang belum berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran serta meminta siswa untuk melanjutkan d rumah bagi yang belum
Tanya jawab







ceramah





Metode Drill

















Ceramah












Papan tulis dan spidol
10 menit
Kegiatan Akhir
1        Guru bersama siswa membacakan dua kalimat syahadat dengan baik dan benar
2        Guru merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan dan meminta siswa untuk menghafalkannya
3        Guru mengakhiri pelajaran dengan berdoa bersama kemudian guru meninggalkan kelas




Ceramah





Pertemuan 2
Alokasi
waktu
Kegitan pembelajaran
Metode
Media

10 menit
Kegiatan awal :
Guru mengucapkan salam, berdoa bersama, kemudian mengabsen siswa
Guru menjelaskan secara singkat tentang materi yang akan diajarkan dan menyampaikan tujuan pembelajaran
Guru memotivasi dan mengajak siswa untuk aktif dalam pembelajaran

ceramah






ceramah




Guru sebagai peraga
50 menit
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Untuk menggali pemahaman siswa guru mengajukan pertanyaan untuk mengingat materi minggu lalu
Elaborasi
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
Siswa diminta mengerjakan tugas sesuai lembar kegiatan yang diberikan oleh guru
Siswa berdiskusi dengan teman kelompok
guru memberi pengarahan dan bimbingan selama proses diskusi berlangsung
Salah satu perwakilan kelompok  menempelkan hasil produknyaya di depan kelas
Siswa dibimbing guru mengungkankan hasil kerjaannya depan kelas
Guru menegaskan  dan membenarkan pernyataan yang telah dipaparkan siswa
Konfirmasi
Guru memberikan apresiasi terhadap keberhasilan siswa
Guru memotivasi siswa yang belum berpartisipasi aktif dalam kegiatan
Tanya jawab







ceramah





Diskusi











Ceramah












Lembar kegitan siswa
kertas berwarna
lem
10 menit
Kegiatan Akhir
Guru memberikan nilai atau apresiasi pada setiap kelompok
Guru merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan
Guru mengakhiri pelajaran dengan berdoa bersama kemudian guru meninggalkan kelas




Ceramah



G.    Sumber belajar dan media pembelajaran :

  1. Buku paket Akidah Akhlak MI kelas 1 penerbit Media Ilmu
  2. Buku-buku referensi
  3. Pengalaman guru
  4. Papan tulis dan spidol

H.    Penilaian


Indikator pencapaian target
Penilaian
Teknik
Bentuk instrument
Contoh instrumen
1. Mengetahui definisi syahadat dan syahadattain




Tes tulis


Pilihan ganda

syahadat artinya ...
a.kebenaran     b.kesakian              
c.keagungan
2.  Membacakan syahadat tauhid


Lisan

melafalkan secara individu maupun kelompok
3. Membacakan syahadat rosul


Lisan
Melafalkan secara individu maupun kelompok
4. Melafalkan dua kalimat syahadat
perfomance
Lisan

Menyebutkan 2 kalimat syahadat secara individu
Format kriteria penilaian
Produk (hasil diskusi dan hasil tes tulis
No
Aspek
Kriteria
skor
1.
Konsep
ü  Semua benar
ü  Sebagian besar benar
ü  Sebagian kecil benar
ü  Semua salah
4
3
2
1
2.
Pengungkapan /presentasi
ü  Lancar dan benar
ü  Tidak lancar, benar
ü  Lancar, tidak benar
ü  Tidak lancar, tidak benar
4
3
2
1

4.      Performansi
No
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Kerjasama
ü  Bekerjasama
ü  Kadang-kadang kerjasama
ü  Tidak bekerjasama
4
2
1
2.
Partisipasi
ü  Aktif berpartisipasi
ü  Kadang-kadang aktif
ü  Tidak aktif
4
2
1

5.      Lembar penilaian
No
Nama siswa
performansi
Aspek
Jumlah skor
Kerjasama
partisipasi
Aspek
pengungkapan
1.






2.






3.






4.






5.






dst








Mengetahui
Kepala Madrasah




Dra. Hj. Zawida Abdullah
...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru bidang studi Aqidah Akhlaq


Nur Faiqoh
..........................................
NIM.(D07210022)


Lembar kegiatan

A.   Nama kelompok
1.     .............................
2.    .............................
3.    .............................
4.    dst
B.    Tujuan
Siswa dapat mengetahui bacaan syahadattain dengan menyempurnakan potongan-potongan bacaan melalui proses diskusi dengan kelompoknya dengan tepat dan benar
C.    Bahan dan alat
Lembar kerja, potongan-potongan bacaan, dan lem
D.   Langkah kegiatan
1.     kelas dibagi menjadi 7 kelompok
2.    memilih mana potongan yang termasuk syhadat tauhid dan sahadat rosul
3.    menyusun dan menempel potongan ayat pada kolom yang disediakan pada lemba kerja
4.    Pilih satu anggota kelompok sesuai kesepakatan kelompok untuk membacakan hasil diskusi
5.    Presentasikan hasil kerja kelompok secara bergiliran ± 5 menit






Lembar kelompok 2

                
No.
Bunyi bacaannya

1.Syahadat tauhid








2.syahadat Rosul











Tidak ada komentar:

Posting Komentar